Kamis, 01 Mei 2014

MITOS

MITOS, PENALARAN DAN CARA MEMPEROLEH PENGETAHUAN
  1. MITOS
Mitos adalah sebuah imajinasi dari manusia yang berusaha untuk menerangkan gejala alam yang ada pada saat itu yang dikaitkan dengan kepercayaan akan adanyanya kekuatan ghaib. Contohnya : kalau anak perawan duduk di depan pintu nanti jauh jodohnya.
Mitos itu timbul disebabkan karena keterbatasan alat indera manusia, misalnya :
1.      Alat Penglihatan
Banyak benda-benda yang bergerak begitu cepat sehingga tak tampak jelas oleh mata. Mata tidak dapat membedakan benda-benda. Demikian juga jika benda yang dilihat terlalu jauh maka tak mampu melihatnya.
2.      Alat Pendengaran
Pendengaran manusia terbatas pada getaran yang mempunyai frekuensi dari 30 sampai 30.000 /detik.getaran dibawah 30 atau diatas 30.000/detik tak terdengar.
3.      Alat Pencium atau Pengecap
Bau dan rasa tidak dapat memastikan benda yang dicium atau dicecapnya. Manusia hanya dapat membedakan 4 jenis rasa, yaitu : manis, pahit, asam dan asin. Melalui bau, manusia dapat membedakan satu benda dengan benda yang lain namun tidak semua orang bisa melakukannya.
4.      Alat Perasa
Alat perasa pada kulit manusia dapat membedakan panas atau dingin namun sangat relative sehingga tidak bisa dipakai sebagai alat observasi yang tepat.
Legenda adalah sebuah cerita yang dirangkai secara turun temurun dan dipercayai oleh masyarakat karena terbukti secara logis dalam pendeskripsian ceritanya, cenderung mengemukakan kehadiran seorang tokoh yang  dikaitkan dengan terjadinya suatu daerah. Contohnya : Sangkuriang di Jawa Barat.
Cerita rakyat merupakan suatu peristiwa yang dikisahkan untuk menjelaskan akan terjadinya sesuatu yang ada dimuka bumi ini. Contohnya : Malin Kundang di Sumatera Barat.
  1. PENALARAN
·         Penalaran Deduktif (rasionalisme)
·         Penalaran Induktif (empirisme)
  1. CARA MEMPEROLEH PENGETAHUAN
·         Percaya
·         Wibawa
·         Apriori
·         Metode Ilmiah

Sumber :
Mutia, A. (2010). Catatan Ilmu Alamiah Dasar Semester 2. Depok.
Wasi’an, F. (2010). Catatan Ilmu Alamiah Dasar Semester 2. Depok

NAMA : YUNITA DWI ANDIANI
KELAS 1PA05
NPM : 16509377


Tidak ada komentar:

Posting Komentar