Jumat, 05 Oktober 2012

ARSITEKTUR KOMPUTER DAN KOGNISI MANUSIA

ARSITEKTUR KOMPUTER

   Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan masing-masing bagian akan lebih fokuskan terutama, mengenai bagimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaskesan data dan alamat dari dan ke memory cache, RAM, ROM, cakram keras, dll. 
- Memory Cache. Pengertian cache adalah memory berukuran kecil yang sifatnya temporary (sementara), walaupun ukuran filenya sangat kecil, namun kecepatannya sangat tinggi. Dalam terminologi hardware, istilah ini biasanya menunjuk pada memory berkecepatan tinggi yang menjembatani aliran data antara processor dengan memory utama (RAM) yang biasanya memiliki kecepatan yang lebih rendah. Fungsi dan Kegunaan Memory Cache, berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara untuk data atau instruksi yang diperlukan oleh processor. Secara gampangnya, cache berfungsi untuk mempercepat akses data pada komputer karena cache menyimpan data/informasi yang telah diakses oleh suatu buffer, sehingga meringankan kerja processornya.
- Memory akses acak (bahasa inggris : Random Access Memory, RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memory. Ini berlawanan dengan alat memory urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, dimana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.
-Memori hanya baca (bahasa InggrisRead-only Memory) adalah istilah untuk media penyimpanan data pada komputer. ROM ini adalah salah satu memori yang ada dalam computer. ROM ini sifatnya permanen, artinya program / data yang disimpan di dalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik di matikan.

Menyimpan data pada ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca data dari ROM dapat dilakukan dengan mudah. Biasanya program / data yang ada dalam ROM ini diisi oleh pabrik yang membuatnya. Oleh karena sifat ini, ROM biasa digunakan untuk menyimpan firmware (piranti lunak yang berhubungan erat dengan piranti keras).

Salah satu contoh ROM adalah ROM BIOS yang berisi program dasar system komputer yang mengatur / menyiapkan semua peralatan / komponen yang ada dalam komputer saat komputer dihidupkan.
ROM modern didapati dalam bentuk IC, persis seperti medium penyimpanan/memori lainnya seperti RAM. Untuk membedakannya perlu membaca teks yang tertera pada IC-nya. Biasanya dimulai dengan nomer 27xxx, angka 27 menunjukkan jenis ROM , xxx menunjukkan kapasitas dalam kilo bit.
- Cakram Keras (bahasa inggris: harddisk atau harddisk drive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi, piringan magnetis. cakram keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956. Cakram keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per  minute) dengan kapasitas  750 GB. Kapasita terbesar cakram keras saat ini mencapai 3 TB dengan ukuran standart 3,5 inchi.
* Beberapa contoh dari Arsitektur Komputer ini adalah ;
1. Arsitektur Von Neumann (atau Mesin Von Neumann) adalah arsitektur yang diciptakan oleh John Von  Neumann (1903-1957). Arsitektur ini digunakan oleh hampir semua komputer saat ini. Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama. Unit Aritmatika dan logis  (ALU), unit kontrol, memory, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini  dihubungankan oleh berkas kawat, "bus".
2. Complex Instruction - Set computing atau Complex Instruction - Set Computer (CISC, " Kumpulan instruksi komputasi kompleks) adalah sebuah arsitektur dari set intruksi komputer dimana setiap instruksi akan menjalankan beberapa operasi tingkat rendah, seperti pengambilan dari memory, operasi aritmatika, dan penyimpanan kedalama memory, semuanya sekaligus hanya di dalam sebuah instruksi. Karakteristik CISC dapat dikatakan bertolak-belakang dengan RISC.
Contoh-contoh processor CISC adalah System /360, VAX, PDP-11, varian Motorola 68000 dan CPU AMD dan Inter x86.
3. Reduced instruction Set Computing, atau RISC adalah desain central processing unitalitas CPU strategis yang didasarkan pada wawasan yang disederhanakan (tidak kompleks/serumit Instuction set CPU ini telah disederhanakan, namun instruksi tersebut dapat memberikan kinerja yang lebih tinggi apabila penyederhanaan ini memungkinkan eksekusi perintah yang jauh lebih cepat. Sebuah komputer yang didasarkan pada strategi ini biasanya adalah komputer tablet atau gadget yang lebih kecil dari personal komputer atau laptop.

4. Blue Gene. Merupakan proyek IBM bertujuan untuk merancang super komputer yang dapat mencapai kecepatan operasi dalam kisaran (peta FLOPS) PFLOPS, dengan konsumsi daya gaya yang rendah. Proyek ini merupakan tiga generasi super komputer, Blue Gene/L, Blue Gene/P, dan  Blue Gene/Q.

KOGNISI MANUSIA  

Pengertian Struktur Kognisi Manusia :
Menurut seorang tokoh yang bernama Ausabel ia mengemukakan bahwa struktur kognitif merupakan organisasi pengertahuan atau dengan kata lain bahwa struktur kognitif dapat disebut sebagai pengetahuan struktur kognitif seseorang tidak lain adalah organisasi pengetahuan faktual yang diperoleh dari lingkungan.
Kognisi adalah kepercayaan seseorang tentang sesuatu yang didapatkan dari proses berpikir tentang seseorang atau sesuatu. Proses dilakukan  adalah memperoleh pengetahuan dan memanipulasi pengetahuan melalui aktivitas mengingat, menganalisis, memahami, menilai, menalar, membayangkan  dan berbahasa. Kapasitas atau kemampuan kognisi biasa diartikan sebagai kecerdasan atau intelegensi. Bidang ilmu yang mempelajari kognisi beragam, diantaranya adalah psikologi, filsafat, komunikasi, neurisains, serta kecerdasan buatan.
* Sistem kognisi terdiri dari lima proses mental, yaitu :
1. MEMAHAMI
    Proses memahami adalah proses menginterprestasi atau menentukan arti dari aspek tertentu yang dapat dalam sebuah lingkungan.
2. MENGEVALUASI
    Mengevaluasi berarti menentukan apakah sebuah aspek dalam lingkungan tertentu itu baik atau buruk, positif atau negatif, disuka atau tidak disukai.
3. MERENCANAKAN   
    Merencanakan berarti menentukan bagaimana memecahkan sebuah masalah untuk mencapai suatu tujuan.
4. MEMILIH
    Memilih berarti membandingkan alternatif solusi dari sebuah masalah dan menentukan alternatif terbaik
5. BERPIKIR
    Berpikir adalah aktifitas kognisi yang terjadi dalam ke empat proses yang disebutkan sebelumnya.
Proses yang dilakukan adalah memperoleh pengetahuan dan memanipulasi pengetahuan melalui aktivitas mengingat, menganalisis, memahami, menilai, menalar, membayangjan dan berbahasa.
Gejala kognisi meliputi pengamatan aktivitas yang dilakukan seseorang yang cerdas, terhadap suatu proses atau objek dengan maksud merasakan dan kemudian memahami pengetahuan dari sebuah fenomena berdasarkan pengetahuan dan gagasan yang sudah diketahui sebelumnya, untuk mendapatkan informasi-informasi dibutuhkan suatu penelitian.

Jadi Hubungan Arsitektur Komputer dan Kognisi Manusia adalah  bahwa struktur kogisi manusia adalah suatu unsur yang saling berhubungan antara satu sama dengan yang lain yang saling berakomodir atau saling melengkapi antara fungsi-fungsi, skema. Seperti bagian otak yang mengakomodir unsur bagian-bagian tubuh manusia yang menjadikan suatu sistem yang kompleks. Sedangkan untuk struktur kognisi arsitektur komputer adalah suatu unsur yang saling melengkapi, tetapi hanya dari perangkat keras yang didesain seperti CPU, RAM, Memory, Processor. 
Dapat disimpulkan perbedaan antara struktur kognisi manusia dan arsitektur komputer adalah struktur kognitif manusia itu proses berpikir yang terjadi pada diri manusia, sehingga memiliki kontrol terhadap proses berpikirnya sendiri. Sedangkan arsitektur komputer yang menciptakan adalah manusia, manusia yang mebuat program, manusia yang membuat pola dari sistem komputer itu, sehingga yang memiliki peran utama dari semuanya adalah manusia itu sendiri, dan jika disatukan maka akan menimbulkan suatu kelebihan dan kekurangan dari struktur kognisi.

SUMBER :

NAMA : YUNITA DWI ANDIANI
KELAS : 4PA05
NPM : 16509377

1 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai kognitif, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/4275/1/DESIGN5.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    Balas

    BalasHapus